Sabtu, 03 Maret 2012

Beberapa Kegiatan Sepele yang Dapat Merusak Kesehatan

  •  Mendengarkan Musik Lewat Earphone
Suka mendengarkan musik lewat earphone? hmm, hati-hati bahayanya. Jika terlalu sering mendengar bunyi keras atau suara bising dalam tempo lama dan terjadi setiap hari, dapat mengganggu pendengaran. Kajian Komisi Eropa menunjukkan, kebiasaan mendengar musik dengan earphone bervolume tinggi (di atas 100 desibel) lebih dari satu jam sehari dalam jangka minimal 5 tahun dapat membawa resiko gangguan pendengaran permanen. 
  •  Memakai celana jeans ketat
    Penggunaan celana jeans ketat dapat menimbulkan masalah. Bagi pria, penggunaan celana jeans ketat yang terlampau sering menyebabkan daerah sekitar kemaluan menjadi panas sehingga berbahaya untuk sperma. Bagi wanita, celana jeans ketat dapat menimbulkan rasa panas di bagian organ kewanitaan yang membahayakan kesehatan reproduksi. Selain itu, dengan menggunakan celana ketat, perut akan terasa sakit dan pernapasan juga akan terganggu karena perut selalu dalam keadaan tertekan yang pada akhirnya proses BAK (Buang Air Kecil) akan terganggu. Jadi, dengan kenyataan seperti itu, perlu kita pertimbangkan jika ingin menggunakan celana ketat dalam waktu lama.
    • Meletakkan Dompet di Saku Belakang Celana
      Biasa meletakkan dompet di saku belakang celana? waspadalah. Kebiasaan itu ternyata dapat memengaruhi saraf-saraf di tubuh. Para ahli mengungkapkan, orang-orang yang duduk dengan dompet di saku belakang celana memiliki resiko kerusakan saraf-saraf kunci. Kondisi ini sudah menjadi sangat umum di masyarakat hingga dijuluki dengan hip-pocket syndrome atau wallet-neuropathy. Laki-laki yang selalu meletakkan dompet di saku belakangnya adalah kelompok yang paling beresiko terkena kondisi ini.
      • Membunyikan Tulang Leher/ Anggota Badan Lainnya
          Memutar kepala setelah dipijat atau saat leher terasa pegal memang sangat menyenangkan. Kepala terasa lebih enteng dan rasa sakit di kepala, seperti pusing, pada umumnya segera hilang setelah terdengar bunyi tersebut. Padahal, kebiasaan itu mempunyai akibat samping yang cukup berbahaya. Salah satunya, saraf dapat terjepit di sela-sela tulang ekor leher. Menurut Amerika, bila urat saraf terjepit di antara tulang ekor leher, efeknya dapat bermacam-macam, bergantung pada jaringan saraf itu menuju ke mana. Akan tetapi, pada umumnya akan mengakibatkan organ tubuh seperti kaki dan tangan sulit dikomando oleh otak. Sama halnya dengan membunyikan tulang leher, gerakan membunyikan buku-buku jari juga merupakan kebiasaan yang salah katena menyalahi aturan persendian normalnya dan dapat menghancurkan tulang-tulang rawan di dalamnya.

        Tidak ada komentar:

        Posting Komentar

        © Copyright 2011 .:: NöwV ::. Template design by sarju
        Diberdayakan oleh Blogger.